CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sunday, November 4, 2012

CERITA TIMUN MAS


Timun Mas

Dahulu di jawa tengah ada seorang janda yang sudah tua, namanya Mbok Rondo. Pekerjaannya hanya mencari kayu di hutan. Sudah lama sekali Mbok Rondo ingin mempunyai seorang anak. Tapi dia hanya seorang janda miskin, lagipula ia sudah tua. Mana bisa ia mendapatkan anak.
Pada suatu hari, sehabis mengumpulkan kayu di hutan, Mbok Rondo duduk beristirahat sambil mengeluh,”seandainya aku memiliki seorang anak, beban hidup ku pasti lebih ringan, karena ada yang membantuku bekerja.”
Tiba-tiba bumi bergoncang, seperti gempa bumi. Di depan mbok rondo ada seorang raksasa bertubuh besar dan berwajah seram.
Mbok rondo takut melihatnya .
”hai, mbok rondo, jangan takut .aku takan mengganggumu. Kamu inggin punya anak mbok?”kata raksasa itu.
”i...iya”
”Aku bisa membantumu”
”benarkah?” tanya mbok rondo, rasa takutnya mulai menghilang.
”ya, tapi ada syaratnya”
”apa syaratnya?”
”kalau anakmu telah berumur 16 tahun, kau harus menyerahkannya kapada ku, dia akun ku jadikan santapan. Bagaimana?”
Karena begitu inginnya memiliki anak, mbok rondo tidak berfikir panjang lagi dan menyetujuinya.
”baiklah aku tidak keberatan”
Kemudian raksasa itu memberikan biji mentimun kepada mbok rondo.
”tanamlah biji mentimun itu !”
”ba...baik”
”sekarang pulanglah”
Mbok rondo segera pulang. Begitu sampai di rumah, dia segera menanam biji mentimun itu di belakang rumahnya. Setiaphari mbok rondo demgan rajin menyiraminya. Ajaid! Dalam waktu 2 minggu tanaman itu sudah berbuah.
Dari sekian banyak buah mbok rondo sangat tertarik pada buah mentimun yang besar dan berwarna emas.mbok rondo membawa timun tersebut kedalam rumah, sesampainya di dalam rumah, mbo rondo mengambil pisau dan membelah buah itu. Lalu, ia membukanya dengan hati-hati dan ternyata di dalam buah itu terdapat seorang bayi perempuan yang sangat cantik.
”ah, ternyata raksasa itu tidak bohong.” gumam mbo rondo ”sekarang aku punya anak perempuan, aduh betapa senangnya hatiku” mbo rondo sangat gembira, ia menamakan bayi itu timun emas. Hari, bulan dan tahun pun berganti. Timun emas tumbuh menjadi seorang gadis yang jelita. Mbo rondo sangat menyayangi timun emas.
Pagi itu sangat cerah mbo rondo dan timun emas bersiap hendak pergi ke hutan untuk mencari kayu. Tiba-tiba bumi bergetar dengan keras dan disusul dengan tawa menggelegar, ternyata raksasa itu datang
”hai mbo rondo keluarlah ! aku datang untuk menagih janji” kata raksasa itu.
Mbo rondo membisikkan agar timun emas sembunyi di bawah tempat tidur.
”aku tau kedatangn mu kemari untuk mengambil timun emas. Berikan aku waktu 2 tahun lagi, kalau timun emas aku berikan sekarang, tentu kurang lezat untuk di santap. Tubuhnya masih kecil”
”benar juga, baiklah kalau begitu. 2 tahun lagi aku akan datang. Kalu kau bohong, kau akan ku telan mentah-mentah”
Sambil tertawa raksasa itu pergi,
”anakku keluarlah, raksasa itu sudah pergi”
”aku tadi mendengar percakapan itu, rupanya raksasa itu menginginkan aku”
”benar anakku, tapi aku tidak rela kamu menjadi santapan raksasa itu”
2 tahun kemudian timun mas sudah dewasa, wajahnya semakin cantik. Tapi mbo rondo cemas jika ingat janjinya dengan raksasa. Pada suatu malam ketika mbo rondo sedang tidur ia berminnpi ia pergi ke bukit gundul menemui seorang pertapa. Dan pertapa itu memberikan empat bungkusan yang dapat menyelamatkan timun emas dari raksasa.
Keesokan harinya, mbo rondo pergi ke bikut gundul. Pertapa itu memberikan 4 bungkusan kecil yang berisi biji mentimun, jarum, garam dan terasi. Mbo rondo menerimanya dengan rasa heran, sesampainya di rumah ia memberikan pemberian pertapa itu kepada timun emas.
”anakku, melai saat ini kamu tidak perlu cemas. Sebab kamu telah memiliki penangkalnya”
Ketika mbo rondo sedang menjahit baju untuk timun emas, tiba-tiba bumi berguncang pertanda raksasa datang.
”hoohohoo, mbo rondo mana timun emas ? ayo serahkan kepadaku, aku sudah sangat lapar.”
”baiklah, akan ku bawa ia keluar”
Ia segera masuk kedalam rumah dan di ambilnya bungkusan sang pertapa. Kemudian di berikan kepada timun emas.
”anakku bawalah bungkusan ini. Keluarlah lewat pintu belakang”
”mbo rondo, mana timun emas ?” suara itu menggelegar.
”maafkan aku timunmas sudah pergi”
Timun mas sudah mulai kelelahan, dalam keadaan terdesak timun emas langsung menaburkan biji mentimun, dengan ajaibnya biji mentimun itu berubah menjadi ladang mentimun yg sangat lebat.ternyata buah mentimun dapat menambah kekuatan raksasa.lalu raksasa mengejar kembali.
Lalu timun mas menaburkan jarum, jarum itu dengn seketika berubah menjadi hutan bambu yang sangat lebat. Raksasa itu pantang menyerah ia menerobos hutan itu. Namun tubuh dan kakinya terasa sakit karena tergores-gores bambu yang patah.tapi karena gigihnya akhirnya raksasa itu berhasil melewati hutan bambu.
Karena tidak berhasil timun mas menaburkan garam, raksasa itu kebingungan karena tiba tiba tubuhnya tercebur ke dalam laut berkat kesaktiannya raksas itu dapat berenang ke sebrang laut. karena sudah sangt letih timun mas mengeluarkan bungkusan terahir.
Timun mas melemparkan terasi ke arah raksasa yang tiba tiba berubah menjadi lautan lumpur hidup yang mendidih. Raksasa kaget karena tubuhnya tenggelam di lumpur hidup. Raksasa itu meronta–ronta tetapi semakin ia bergerak semakin cepat tengegelam.
”timun emas tolonglah aku, aku berjanji tidak akan memakanmu”
Tetapi lumpur panas itu menelan tubuh raksasa itu, timun emas bisa bernafas lega. Ia segera berjalan kerumahnya, di kejauhan nampak mbo rondo berlari menyambutnya.
Akhirnya timun emas dan mbo rondo hidup bahagia selamanya.

0 comments:

Post a Comment